You Are Reading

0

Peliharaan Negara Yang Ditelantarkan (Part 3)

Adi Selasa, 23 April 2013

3)    Usaha masyarakat dalam membantu pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan
a.    Menanamkan pemikiran berwirausaha
Beberapa tahun ini lapangan perkerjaan semakin sempit karena perekonomian  Indonesia telah dicampur tangani oleh perusahaan asing yang banyak memperkerjakan pegawai asing dan memiliki standarisasi yang sangat tinggi dalam rekrutmen pegawai sedangkan Indonesia merupakan Negara berkembang dengan rata-rata tingkat pendidikan yang rendah. Untuk itu, perlunya penanaman kesadaran masyarakat untuk berwirausaha. Dengan berwirausahanya masyarakat tentunya akan berdampak pada terbukanya lapangan perkerjaan baru untuk masyarakat yang berpendidikan rendah, sehingga tingkat pengangguran di Indonesia berkurang dan tingkat kesejahteraan masyarakat bertambah mengakibatkan tingkat kemiskinan di Indonesia menurun.

b.    Mendirikan sekolah keterampilan
Banyaknya tingkat putus sekolah terutama di daerah pedesaan karena factor ketidak mampuan dibidang financial salah satu penyebab banyaknya pengangguran di Indonesia. Dilihat dari beberapa persentase tingkat putus sekolah di Indonesia masih cukup banyak masyarakat yang putus sekolah. Dari situasi ini masyarakat yang berpendidikan tinggi mulai memiliki kepedulian kepada anak – anak putus sekolah dengan cara mendirikan sekolah mandiri yang tanpa pungutan biaya. Disekolah mandiridiajarkan pendidikan setingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Selain pendidikan formal tersebut, anak – anak juga dibekali pendidikan keterampilan untuk mengali potensi diri mereka. Seperti kerajinan tangan yang dapat dijual sehingga sedikit membantu meningkatkan perekonomian dan juga menanamkan pemikiran berwirausaha.

c.    Penyuluhan dibidang pertanian dan kelautan
Indonesia merupakan Negara maritim yang sebagian besar wilayahnya berupa lautan sehingga banyaknya warga yang berprofesi sebagai nelayan. Selain dikenal sebagai Negara maritime Indonesia juga dikenal sebagai Negara agraris yang masyarakatnya berprofesi sebagai petani. Namun potensi yang dimiliki belum digali secara maksimal. Beberapa masyarakat desa yang telah maju banyak mendirikan perkumpulan untuk saling membantu masyarakat sedesanya seperti memberikan penyuluhan mengenai bagaimana bertani atau melaut yang optimal dan menghasilkan hasil yang baik sehingga dapat mencukupi kebutuhan pangan di Indonesia. Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan dapat mengurangi impor pangan sehingga harga pun lebih murah dan dapat meningkatkan kemakmuran seluruh masyarakat.


BAB IV
PENUTUP

1)        Kesimpulan
     Kemiskinan di Indonesia merupakan permasalahan terbesar yang perlu segera dibenahi. Walaupun angka kemiskinan sudah semakin menurun tetapi pemerintah masih harus menjalankan kebijakan kebijakan yang adil. Adil dalam arti membela yang lemah dan bukan bertindak berat sebelah. Masyarakat pun juga harus mandiri untuk keluar dari kemiskinan itu bukan hanya berpangku tangan dari bantuan pemerintah.

2)        Saran
a.  Pemerintah harus benar-benar menjalankan program-program untuk memperkecil angka kemiskinan secara adil.
b.        Pemerintah harus melihat rakyat kecil yang membutuhkan bantuan bukan malah membantu “para petinggi negara”
c. Masyarakat juga harus berperan aktif dalam menjalankan program-program untuk memperkecil angka kemiskinan.
d.    Masyarakat harus mandiri sehingga bisa membantu pemerintah dalam usaha memperkecil angka kemiskinan.



Daftar Pustaka

•    kardiman, yuyus. Pendidikan kewarganegaraan. Jakarta : unit pelaksana teknis upy mku   universitas negeri jakarta, 2012.
•    tim penulis. Amandemen Undang-Undang Dasar 1945. Jakarta : Interaksara, 2005.
•    http://www.setkab.go.id/berita-6873-jumlah-penduduk-indonesia-miskin-makin-berkurang.html
•    http://abdulghanni.blogspot.com/2010/10/permasalahan-sosial-di-indonesia.html.
•    http://data.tnp2k.go.id/index.php?q=content/profil-kemiskinan-di-indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Dreamer