You Are Reading

0

Uniknya Tarik Tambang Antar Pulau

Adi Selasa, 25 Juni 2013


ALOR, BeritAnda - Ada yang unik dalam pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) di Desa Alor Kecil, Kecamatan Alor Barat Laut (Abal), Senin (10/6/2013), yaitu atraksi tarik tambang antara dua pulau. Pula Kepa dan Pulau Alor.

Perlombaan tarik tambang tersebut menarik sebab selain unik juga melibatkan setidaknya 100 orang dari satu sisi pulau. Tali tarik tambang membentang dari Pulau Kepa sampai ke Alor Kecil dengan jarak sekitar 250 meter.

Menariknya perlombaan ini ditonton oleh ribuan orang dari berbagai daerah bahkan menarik perhatian turis asing yang tengah berlibur di Pulau Kepa.

Khusus peserta yang berada di sisi pulau Kepa adalah para guru dan pengawas dari Kecamatan
Pantar dan Pulau Pura, sedangkan peserta yang berada di Pulau Alor (Desa Alor Kecil) beranggotakan guru dan pengawas dari Pulau Alor.

Perlombaan ini semakin menarik karena kedua peserta saling adu kekuatan, sekaligus menaklukan derasnya arus di lokasi perlombaan. Tali nilon sepanjang 300 meter yang melintang diatas arus laut terbawa derasnya angin, sehingga menyulitkan kedua tim untuk menariknya. Meski demikian, perlombaan berjalan lancar tanpa adanya kecelakaan.

“Lomba tarik tambang di antara dua pulau itu merupakan bagian dari pembukaan O2SN dan tarik tambang ini boleh dibilang paling unik di muka bumi ini, karena dilakukan di antara dua pulau. Lomba ini

sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 2000, namun baru tahun ini kita bisa lakukan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Alor, Alberth N.Ouwpoly.

Dia mengatakan, perlombaan ini sebagai pembuka dalam kegiatan 02SN dari berbagai jenis olahraga. Menurutnya, peserta 02SN terdiri sekolah-sekolah di 17 kecamatan di Alor. “Antusias dari peserta 02SN saat ini cukup banyak, ada 3000 ribu peserta dan itu datang dari semua kecamatan,” katanya.(eko)


Referensi:
http://www.beritanda.com/serba-serbi/serba-serbi/berita-unik/14074-wow-tarik-tambang-antara-dua-pulau.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Dreamer