You Are Reading

0

Kebudayaan Indonesia Yang Hampir Punah

Adi Selasa, 25 Juni 2013


Indonesia adalah negara yang indah yang kaya akan kekayaan alam dan budaya. Lebih dari 20 suku terdapat di Indonesia dan lebih dari 100 budaya ada di Indonesia. Tetapi sayangnya, dari tahun ke tahun seiring dengan bertumbuhnya perkembangan gaya hidup dan teknologi, kebudayaan asli indonesia terlihat sangat ketinggalan zaman. Banyak dari warga indonesia yang kurang peduli bahkan ada yang tidak peduli tentang budaya Indonesia. Hal inilah yang menyebabkan banyak budaya Indonesia dicuri oleh negara lain terutama Malaysia. Hal ini karena terlambatnya dalam mematenkan suatu budaya dan benda-benda peninggalan zaman Indonesia dulu. Ketika budaya dan barang kebudayaan atau hasil buah tangan seniman Indonesia masih ada di Indonesia, banyak dari warga merasa budaya tersebut tidak berharga, tetapi ketika ada negara lain akan mengambil budaya tersebut dan kemudian hilang dari kita, barulah mereka merasa itu sangat berharga. Kenapa berharga saat sudah hilang? Kenapa tidak waktu masih ada? Inilah orang-orang indonesia yang telah terkontaminasi budaya barat. Di bawah ini beberapa budaya Indonesia yang saat ini sudah jarang sekali terlihat oleh mata kita:

1)     Cium Tangan pada Orangtua
Budaya cium tangan kepada orang tua, atau sering disebut juga ’salim’. Cium tangan kepada orang tua merupakan kewajiban anak kepada orang tua saat ingin pergi ke sekolah atau berpamitan ke tempat lain. Hal ini penting, untuk menanamkan rasa cinta kepada orangtua, sebagai tanda hormat & tanda terima kasih kita kepada mereka.


2)     Penggunaan Tangan Kanan
Di luar negeri mungkin tidak masalah dengan penggunaan tangan baik kanan/kiri, tapi itu bukanlah budaya kita. Kita harus mengajarkan kepada anak kita untuk berjabat tangan, memberikan barang, ataupun makan menggunakan tangan kanan.

3)     Senyum dan Sapa
Budaya senyum & sapa. Dulu citra bangsa Indonesia identik dengan keramah tamahannya & murah senyum. Jangan sampai hilang budaya itu, karena senyum itu ibadah & sapa itu menambah keakraban dengan orang yang ada disekitar kita.


4)     Musyawarah dan Gotong Royong
Budaya musyawarah & gotong royong. Budaya yang sudah jarang ditemukan khususnya di kota-kota besar semisal Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung. Saat ini kebanyakan penduduk di kota besar hanya mementingkan egonya masing-masing, dan pura-pura tidak tahu. Cuek saat ada orang lain yang sedang kesusahan, pamer ini itu, dan bahkan suka main hakim sendiri.



Itulah beberapa budaya Indonesia yg saat ini mungkin sudah jarang sekali kita temukan, khususnya di kota-kota besar. Untuk itu saya mengajak para pembaca untuk senantisa melestarikan budaya-budaya Indonesia agar nantinya budaya tersebut tidak lenyap dan tetap menjadi ciri khas bangsa yang kita cintai ini. Seperti kata pepatah bahwa “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya”, dan “bangsa yang hebat adalah bangsa yang bisa mempertahankan budaya dan kebudayaan bangsanya”.

Referensi:
http://sosbud.kompasiana.com/2012/11/15/budaya-orang-indonesia-yang-mulai-hilang-508519.html








0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Dreamer