Software Krishand PPN 1107,
Krishand Withholding Tax, Krishand PPh 21, Krishand Payroll, Krishand General
Ledger. Software Krishand PPN 1107 / Withholding Tax / Krishand PPh 21
merupakan software database yang membantu Anda di dalam mempersiapkan
formulir-formulir pajak. Dengan menggunakan software ini, persiapan pelaporan
pajak Anda menjadi praktis dan efisien tanpa perlu dipusingkan oleh
masalah-masalah seperti salah hitung, salah ketik ataupun kesalahan sepele
lainnya. Software Krishand bukan hanya sekedar software pelaporan pajak,
tetapi memberikan nilai lebih dari itu. Banyak laporan internal yang disediakan
untuk membantu Anda menganalisa data yang telah diinput. Untuk membantu Anda
melakukan pekerjaan seminimal mungkin, software Krishand dapat dimodifikasi
untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda seperti setting print
out pada blanko SSP atau Faktur Pajak, impor data penjualan untuk pembuatan
Faktur Pajak secara otomatis, impor data Faktur Pajak Keluaran maupun Masukan
dari file Excel, impor data PPh untuk pembuatan Bukti.
Kelebihan :
1) Cepat dan Akurat
Dengan software Krishand,
persiapan pelaporan pajak Anda akan terhindar dari kesalahan seperti
salah ketik, salah hitung, dsbnya, yang sering terjadi jika dilakukan secara
manual.
2) Praktis
Dapat mencetak langsung
formulir pajak (yang telah disesuaikan dengan ketentuan dari kantor pajak)
tanpa harus menggunakan blanko formulir pajak.
3)
Review setiap saat
Memungkinkan untuk mereview
dan menampilkan kembali berkas-berkas pajak yang lama tanpa harus mengutak-atik
ataupun mencari-cari arsip fisik berkas.
4)
Up to Date
Semua formulir perpajakan
yang tersedia dalam aplikasi merupakan formulir terbaru yang sesuai dengan
peraturan perpajakan terakhir.
5)
Membuat kerja lebih
efektif, efisien dan hemat waktu.
Kekurangannya :
1)
Tidak tahu bagaimana caranya memulai
mengembangkan OSS.
2)
Model bisnis yang tidak mengikuti pola bisnis
software proprietary.
3) Kepemilikan yang tidak jelas sehingga cenderung
berlawanan ( anti-thesis ) dengan pola IPR ( Intellectual property Right ) yang
juga sedang digalakkan oleh pemerintah dalam penelitian yang didanai selama
ini.
4)
Tidak adanya dukungan komersial.
5)
Terlalu banyak variasi dari OSS.6.
6)
Usabilitas yang masih kurang baik.
7)
Terbatasnya sumber daya manusia, aplikasi dan
komitmen terhadap OSS.
B.
ACCURATE V3 Standard
Software akuntansi dengan modul Account Payable, Account Receivable,
Inventory, dan General Ledger yang terintegrasi. Dalam versi Standard, kami
memberikan 2 (dua) license. Artinya, 2 user/client bisa menginput ke dalam 1
(satu) database dalam waktu yang bersamaan. Ada banyak fitur yang tersedia di
Accurate 3. Fitur besar yang terdapat di versi ini adalah:
1)
Pajak masukan di modul pembelian (Purchase order
dan Purchase Invoice)
2) Harga satuan yang termasuk pajak (Inclusive Tax)
di semua form yang ada hubungan dengan pajak (PPN).
3) Template untuk semua form dengan designer yang
lebih mudah dan field-field yang lebih lengkap
4)
Ongkos kirim (Freight) untuk modul pembelian dan
penjualan
5)
Sepuluh buah custom field yang tersedia di semua
form yang berhubungan dengan item.
6)
Perhitungan komisi Saleman yang lebih lengkap.
7)
Penambahan modul Rekonsiliasi Bank.
Selain fitur-fitur besar di atas, berikut perincian penambahan / perbaikan
fitur yang telah dilakukan di versi 3:
Kelebihannya :
1)
Customer & Vendor
Bisa mengisi Saldo awal lebih dari 1 invoice.
2)
Purchase Order
Ada penambahan field Terms, dan FOB
3)
Purchase Invoice
Terdapat field Fiscal Rate untuk pembelian mata
uang asing dengan PPN.
4)
Receive Item
Tidak menjurnal ke Hutang dagang lagi, namun ke:
Barang yang belum ditagih (Unbilled goods).
5)
Purchase Return (d/h: Debit Memo)
Nilai retur bisa memasukkan nilai Tax, Freight
dan Discount dari Purchase Invoice.
6)
Vendor Payment (d/h: Make Payment)
Setiap form ada nomor urutnya agar mempermudah
pengarsipan.
7)
Sales Order
Ditambahkan field Salesman
8)
Sales Invoice / Delivery Order
Item service dari SO bisa diproses lebih dari 1 Sales
Invoice
Kekurangannya :
1)
Single login. Hanya bisa login menggunakan user
supervisor.
2)
Membuka database dari local PC, tidak bisa
membuka database dari lokasi remote.
3)
OEM license, tidak bisa dimigrasikan atau
dipindah ke komputer lain.
4)
Tidak untuk pemakaian multiple user, tidak
diperbolehkan menambah license.
5)
Tidak mendapat diskon untuk major upgrade atau
trade-in.
C. K-SYSTEM INDONESIA
K-System adalah program terpadu operasional dan akuntansi
yang di design khusus untuk kondisi Indonesia. Banyak perusahaan ingin
melakukan komputerisasi karena dapat mempercepat operasional dan mempermudah
kontrol. Data cukup diisi 1x dibagian operasional, faktur dicetak dari komputer
dan proses pembukuan selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh komputer. Laporan
yang dibutuhkanpun tersedia setiap saat.
Kelebihannya :
K-System memberi pilihan untuk anda yang akan melakukan
komputerisasi karena K-System adalah program yang sudah baku, lengkap, teruji,
integrated dan sepenuhnya ditulis dalam bahasa Indonesia dan banyak
pendukungnya. K-System berjalan di Linux & Windows. Saat ini K-System
sedang dikembangkan ke Web Based.
Kekurangannya :
1) Untuk keamanan dan
purna jual yang terjamin K-System tidak dijual tetapi hanya disewakan dan biaya sewa sudah termasuk penyesuaian
program & laporan.
2) Bagi perusahaan kecil, K-System single user
diberikan secara cuma2 dan dapat pakai sepenuhnya di perusahaan, dan bagi
Perusahaan menengah dan besar K-System single user ini bisa sebagai bahan
pertimbangan untuk melakukan komputerisasi di Perusahaan.
3) Sayangnya komputerisasi bukanlan hal yang mudah. Tidak semua program sudah lengkap,
integrated, teruji dan banyak pendukungnya. Source program juga tidak
diserahkan sehingga program susah untuk disesuiakan sesuai dengan keinginan
perusahaan.
D. SAGE ACCPAC ERP
Adalah sebuah sistem akuntansi yang dikembangkan dengan arsitektur kelas
dunia dan telah memenangkan berbagai penghargaan. Didesain untuk memenuhi
kebutuhan perusahaan baik besar maupun kecil, Sage Accpac ERP dapat dijalankan
dengan menggunakan berbagai pilihan database. Sage Accpac ERP memenuhi
kebutuhan perusahaan akan suatu aplikasi manajemen bisnis end-to-end
yang terintegrasi penuh. Sage Accpac ERP memberikan fungsionalitas kerja yang
lebih baik dengan kinerja yang tinggi dan kebebasan pilihan bagi penggunanya.
Kelebihannya :
1)
Efisien dan mudah digunakan
2)
Kemampuan reporting yang kompeten
3) Dapat disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan
perusahaan. Dengan tiga edisi (ERP100, ERP200, dan ERP500)
4)
Terintegrasi penuh
5)
Support Windows dan Linux
6)
Kombinasi desktop
base dan web base
Sage Accpac ERP mempunyai dua modul utama yang
saling terintegrasi penuh, yaitu Financial
Modules dan Operational Modules.
1)
Modul-modul
finansial memenuhi
kebutuhan aplikasi akuntansi perusahaan. Modul-modul finansial Sage Accpac ERP
menyediakan interface yang user friendly untuk menjalankan
kegiatan akuntansi dan keuangan perusahaan dan memberikan solusi yang utuh
untuk berbagai jenis bidang usaha. Modul-modul finansial meliputi: General
Ledger, Accounts Payable, Accounts Receivable.
2) Modul-modul
operasional menyediakan
suatu sistem yang user friendly untuk menjalankan kegiatan logistik dan
distribusi perusahaan sehari-hari. Modul-modul operasional meliputi: Order
Entry / Sales Order, Purchase Order, Inventory Control
Kekurangannya:
1)
Hanya 1(satu) tipe dari database yang dapat
digunakan untuk satu waktu. Jika digunakan untuk Btrieve dan kemudian untuk
MSSQL, report sudah harus diganti.
2)
Sering kali menghabiskan waktu untuk perbaikan data.
3)
Sumber data ODBC harus dikonfigurasikan dengan
tepat.
4)
Masalah hubungan/connectivity kemungkinan lebih
sulit.
E. MYOB ACCOUNTING 17
MYOB (Mind Your Own Business) Accounting merupakan software olah data
akuntansi secara terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan data
transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui
media formulir yang terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan
memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan
akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan. MYOB Accounting dapat
diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail)
maupun industri (pengolahan), dan pertanian serta usaha-usaha yang lain.
Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di antaranya:
Kelebihannya:
1) User friendly (mudah digunakan), bahkan oleh
orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
2)
Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap
user.
3)
Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program
Excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
4)
Kemampuan trash back semua laporan ke sumber
dokumen dan sumber transaksi.
5)
Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan
yang telah direkomendasikan.
6) Menampilkan laporan keuangan komparasi
(perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.
7) Mudah dipahami dan digunakan, sehingga bisa
diajarkan kepada siswa SMK/SMA dan mahasiswa, maupun dipelajari oleh user
secara mandiri untuk aplikasi langsung dalam pengelolaan perusahaan.
8) Bisa diterapkan untuk jenis usaha yang ada di
Indonesia, baik untuk skala kecil, menengah, dan besar.
Kekurangannya :
1) Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila
perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka harus
membeli add on lagi.
2) Tidak ada module Intercompany Reporting, sehingga
apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi
maka harus membeli add on lagi.
3) Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan
pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
4) Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan
dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat
dibuat dengan menggunakan MYOB.
5) Database MYOB merupakan file based sehingga
kurang optimal jika digunakan untuk transaksi yang besar dan kompleks. Isu
terbaru MYOB akan menggunakan server-based untuk databasenya sehingga
optimalisasi pengolahan data lebih realistis.
Referensi:
http://wartawarga.gunadarma.ac.id
4 komentar:
keren nih penjabarannya. tapi masih ada beberapa yang belum masuk seperti Siscom Software Akuntansi, keren lho tim supportnya.
mengetahui jenis jenisnya saja tidaklah cukup, kita juga harus mengetahui bagaimana cara memilih software akuntansi keuangan yang tepat untuk bisnis kita.
informasinya sangat berguna sekali
tolak angin care
Posting Komentar